Pesona Pantai Sawarna

Sawarna adalah sebuah desa wisata pantai di selatan Jawa Barat. Pantainya sangat indah. Letaknya di Kabupaten Lebak, Jawa Barat.

Dari Jakarta ke Sawarna butuh waktu enam jam perjalanan. Kisaran 240 km jaraknya dari Jakarta. Bisa dikatakan tidak jauh dan tidak dekat.

Belasan tahun lalu, Sawarna hanyalah sebuah desa terpencil yang dikenal oleh sangat sedikit orang. Hanya dikenal di seputar para peselancar. Wajar, sih, para peselancar memang gemar mengunjungi daerah-daerah terpencil yang potensial.

Bicara definisi, kata sawarna/swarna adalah kata dalam bahasa Sunda. Artinya satu warna. Menurut penelurusan Lensa Pesisir, alasan mengapa desa berpantai indah itu dinamakan Sawarna adalah sebagai menandakan bahwa penduduk di lokasi itu adalah satu warna, yakni masyarakat Sunda Banten.

Tapi… kalau bicara wisatanya, tidak hanya satu, dong. Ada banyak! Biasanya orang-orang yang mengunjungi Pantai Sawarna akan terpana menyaksikan pemandangan pantai yang menakjubkan dan deburan ombak yang menerjang karang.

Sawarna punya beberapa tempat wisata yang megah. Pantai perawan Ciantir yang tenang, terpencil dan begitu alami adalah tempat yang sempurna untuk bersantai. Ada juga pantai Tanjung Layar dengan batu karangnya yang kokoh menghadap deburan ombak serta ketenangan pantai Legon Pari yang sangat cocok untuk berenang sambil menikmati pemandangan Samudera Hindia.

Sawarna juga menawarkan atraksi wisata yang lengkap seperti tebing setinggi 100 meter untuk panjat tebing, gua, dan hutan lindung yang lebat. Tak heran jika Sawarna menjadi tujuan populer di kalangan wisatawan, backpacker, dan komunitas traveling.

Kita juga bisa berkemah di tepi pantai, sambil menikmati kerlap-kerlip bintang di langit yang tak terhitung jumlahnya dan cahaya bulan purnama yang membuat pantai ini begitu romantis di malam hari.

Masyarakat Sawarna selalu menyambut pengunjung dengan kehangatan dan masakan yang selalu dirindukan.

Kalau mau liburan ke Pantai Sawarna, kamu tidak perlu menyiapkan dana yang besar. Ini termasuk wisata low budget. Bayangkan saja, kita cukup membayar tiket masuk Rp5.000 per orang.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, biaya parkir untuk motor hanya Rp2.000, sedangkan biaya parkir mobil adalah Rp5.000. Ini murah sekali!

pesona pantai sawarna

Pengunjung dari luar kota dapat memilih mengambil paket wisata yang ditawarkan oleh travel agent. Cara ini lebih membantu. Bisa mmengeksplor pantai yang alami dan indah dengan lebih baik.

Kalau kamu berjiwa eksplorer, tentu tak perlu lagi panjang lebar. Langsung otw saja tak perlu pakai jasa agen perjalanan wisata.

Yang jelas, jumlah kunjungan ke daerah ini sangat meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Jumlah kunjungan ini menyebabkan konsekuensi ekologis. Contohnya sampah dari para wisatawan nakal. Belum lagi munculnya hotel, vila, resto bahkan warung makan yang memenuhi tempat wisata.

Tapi ini sih masalah klasik. Seperti lokasi wisata lain di negeri kita, tingginya wisatawan menarik banyak investor sehingga warga menjual tanah mereka ke pihak luar. Yah… ini kisah klasik di negeri kita. Lebih baik menikmati saja apa yang ada. Bukankah begitu?

Tinggalkan komentar